Laut Es Antartika Meleleh Karena Perubahan Iklim

Laut es antartika. Foto : reuters.

JAKARTA, BL- Perubahan iklim menyebabkan meluasnya laut es Antartika, menurut penelitian ilmiah dalam jurnal Nature Geoscience. Gejala alam ini diperkirakan akibat melelehnya bongkahan es di bawah Antartika.

Melelehnya air ini dalam kepadatan rendah sehingga menumpuk di lapisan atas lautan. Permukaan laut ini kemudian membeku secara lebih mudah selama musim gugur dan dingin.

Para pakar iklim mengamati bahwa laut es Antartika ini menunjukkan perluasan kecil namun cukup signikan sekitar 1,9% dalam satu dekade sejak 1985.

Para peneliti dari Royal Netherlands Meteorological Institute (KNMI) mengatakan gejala ini diperkirakan akan terus terjadi di kemudian hari. Mereka mencoba untuk melakukan reka ulang perubahan itu melalui komputer.

Lautan es meluas selama musim gugur dan dingin di belahan bumi selatan karena melelehnya air ini.
"Lautan es di seputar Antartika meningkat walaupun adanya pemanasan global," kata salah seorang peneliti Richard Bintanja dari KNMI.

"Ini akibat melelehnya lapisan es dari bawah," katanya kepada kantor berita Reuters dan BBC.

Penelitian di Nature Geoscience juga menyebutkan lapisan air dingin yang meleleh ini dapat membatasi jumlah air yang diserap dari lautan dan jatuh sebagai salju di Antartika. (Reuters/BBC)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment