Gempa 7, 2 Skala Richter Guncang Papua


PAPUA, BL- Gempa 7,2 skala richter menguncang Papua pada Sabtu 06-Apr-13 11:42:35 WIB, dengan lokasi  56 km Timur Laut  Tolikara atau 92 km Timur laut Lanny Jaya, Papua.

Pusat gempa di darat pada kedalaman 173 Km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Papua mencatat, pusat gempa terletak di distrik Tayase. Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan adanya korban dan kerusakan, namun pihak BNPB dan BPBD Papua terus melakukan pemantauan dan pendataan.


Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),  Kepala BNPB telah melaporkan kepada Presiden dan Wakil Presiden terkait kejadian gempa di Tolikara, Papua.

Berdasarkan analisis peta guncangan gempa (shakemap) maka guncangan gempa dirasakan dengan skala: VI MMI (kuat) di Tolikara, V MMI (sedang) di Mulia), IV MMI (ringan) di Tanah Merah, Sentani, Wamena, Jayapura dan III-IV di Sarmi.

Di daerah Tolikara dan sekitarnya memang bahaya tinggi gempa bumi. Kejadian gempa pernah terjadi di sekitar tempat tersebut yaitu tahun 1926 (7,9 sr) dan 1971 (8,1 sr). (Jekson Simanjuntak/Marwan)

Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment