Artis Hollywood Serukan Penghapusan Senjata Nuklir


Sejumlah bintang Hollywood termasuk Robert De Niro, Michael Douglas dan Morgan Freeman menyerukan para pemimpin Kelompok Delapan (G8) yang akan bertemu di Irlandia Utara pekan depan untuk menghapus senjata nuklir.

Seruan ini mereka buat dalam sebuah permohonan berupa video berdurasi dua menit. Global Zero adalah kelompok yang membuat video tersebut dan merupakan kelompok yang mengkampanyekan antinuklir.

Pendiri bersama Global Zero, Matt Brown mengatakan video itu dimaksudkan untuk menyeru Presiden Amerika Serikat Barck Obama dan rekan sejawatnya Vladimir Putin yang dijadwalkan bertemu di sela pertemuan tingkat tinggi G8 di Lough Erne, Irlandia Utara.

"Pesan dari para ahli keamanan internasional dan warga di seluruh dunia sudah jelas: satu-satunya cara untuk menghapus bahaya nuklir global ialah menghapus semua senjata nuklir," ungkap Michael Douglas dalam video tersebut seperti dilansir Antara.

Sementara aktor Morgan Freeman berkata,"Senjata nuklir merupakan relik usang dari Perang Dingin, senjata itu tidak mengatasi ancaman keamanan hari ini, dan biayanya 1 triliun dolar per dekade secara global Sudah waktunya untuk menghapuskan."ujarnya.

Aktor-aktor lain dalam video itu, dapat dilihat di laman www.globalzero.org, termasuk Alec Baldwin, John Cusack, Danny DeVito, Whoopi Goldberg, Zoe Kravitz, Martin Sheen dan Naomi Watts.

Seperti dikutip AFP, selain membuat video, Global Zero juga telah sepucuk surat ke Gedung Putih yang ditandatangani 75 mantan perdana menteri, menteri luar negeri dan menteri pertahanan, serta panglima militer, yang mendesak menghapus senjata nuklir. (Ant)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment