5 Warga Tewas Akibat Gempa Aceh

Seorang bayi meninggal dalam peristiwa gempa bumi yang melanda Desa Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Selasa (2/7/2013). Foto : Acehkita.com.
ACEH, BL- Bumi Serambi Mekah (Aceh)  kembali diguncang gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter pada Selasa (2/7) pukul 14:37:03 WIB. Akibat gempa tersebut 5 warga  dilaporkan meninggal dunia dan 2 orang dinyatakan hilang.

Selain korban tewas, 70 orang terluka dan puluhan rumah mengalami rusak berat. Berdasarkan informasi Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, korban akibat gempa yang terjadi sekitar pukul 14.37 WIB itu terus bertambah. Kerusakan terparah terjadi di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah.

"Laporan sementara di Kabupaten Bener Meriah jumlah korban mencapai 5 orang meninggal dunia, 2 orang hilang, dan 70 orang luka-luka," jelas Sutopo.


Pusat gempa di daratan berada 35 km barat daya Kabupaten Benermeriah atau 43 km tenggara Kabupaten Bireuen, atau 50 km barat laut Kabupaten Aceh Tengah, atau 181 km tenggara Banda Aceh. Sumber kedalaman gempa 10 km. Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami.

Gempa dirasakan sangat kuat selama sekitar 15 detik oleh masyarakat di Kabupaten Benermeriah hingga Banda Aceh. Masyarakat panik dan  berhamburan ke luar rumah. Posko BNPB telah konfirmasi ke BPBD Provinsi Aceh dan BPBD Kabupaten Benermeriah.

Berdasarkan peta guncangan gempa, di sekitar Kabupaten Benermeriah dampak gempa mencapai V-VI MMI (sedang hingga kuat). Belum ada laporan korban dan kerusakan. BPBD masih melakukan pendataan. (Jekson Simanjuntak/Marwan Azis).

Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment