Akibat Banjir Produksi Beras Sultra Anjlok

Ilustrasi foto : Pikiran Rakyat. 

KENDARI, BL-  Bencana banjir yang melanda Sulawesi Tenggara  beberapa pekan lalu, berdampak serius pada sektor pertanian di wilayah dipimpin Gubernur Nur Alam itu. Produksi Beras Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan anjlok tahun ini.  

 “Bencana banjir telah mengakibatkan kerugian besar bagi petani. Tidak hanya padi sawah yang gagal panen, namun ternak warga juga banyak yang mati akibat banjir,”kata Amir Ridwan, Kadis Pertania Provinsi Sultra pada wartawan di Kendari.

Prediksi ajloknya produksi beras ini setelah melihat realitas banyaknya areal persawahan petani yang gagal panen akibat terendam banjir. Sejumlah kabupaten penghasil padi yang dilanda bencana banjir,  diantaranya,  Kabupaten Konawe, Konawe Selatan dan Bombana.

Untuk memulihkan kondisi ini, Dinas Pertanian telah melaporkan kondisi bencana  kepada Kementrian Pertanian agar kabupaten penerima dampak banjir mendapat bantuan secepatnya. "Kami sudah melaporkan kondisi pertanian kita ke kementrian pertanian semoga permasalahan ini secepatnya dapat teratasi,"ujarnya. TIM  
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment