Khasiat Daun Gatal Papua

Daun gatal Papua. Foto : Mesak Ullo/Beritalingkungan.com

Satu lagi kekayaan hayati dimiliki bumi Cenderawasih, Papua, ya daun ini disebut daun gatal, sesuai namanya memang reaksinya bisa menyebabkan gatal-gatal, tapi selanjutnya bisa membuat badan jadi segar dan juga dipercaya dipercaya bisa mengobati sejumlah penyakit.

Adrian. Foto : Marwan Azis/BL.
Dalam foto ini seorang kawan Papua bernama Adrian memperkenalkan daun gatal ketika saya berada di Timika. Menurut Adrian, daun gatal ini berguna membuka pori-pori dan melancarkan aliran darah serta untuk kontraksi alamiah otot, mempermudah persalinan.

Pada suku Meyah, Daun gatal yang disebut ˜meciwi" ini dapat digunakan dalam proses persalinan sebagai obat penghilang nyeri pada ibu yang akan melahirkan. Umumnya dengan menumbuk halus daun ini dan membalurkan pada beberapa bagian tubuh.

Daun gatal banyak dijumpai di tanah Papua, tumbuh subur secara liar. Kebanyakan warga Papua mengunakan daun gatal untuk mengobati pegal-pegal di seluruh bagian tubuh. Bahkan ada yang meyakini bisa digunakan sebagai obat memperbesar alat laki-laki.

Caranya ambil sehelai daun gatal tempelkan pada permukaan kulit yang bermasalah. Sensasi yang dirasakan memang gatal dan seperti digigit semut agak panas dikit. Namun hanya beberapa saat badan yang pegal-pegal akan hilang.

Berminat untuk mencoba? Silakan bertandang ke Papua.. (Marwan Azis).

Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment