Indonesia Minim Petani Muda

Ilustrasi petani muda nan cantik. Photografer : Avianrinandhi.
JAKARTA, BL – Kalangan muda kini tak meminati sektor pertanian. Bahkan dalam satu dekade ini, sebagian besar petani di Indonesia sudah memutuskan untuk tidak bertani lagi pasalnya faktor usia menjadi penghalangnya.

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengakui fenomena alih profesi dikalangan petani dalam beberapa tahun terakhir. Umumnya yang berganti profesi adalah anak muda. Mereka lebih memilih bekerja di pabrik. “Sekarang, petani didominasi orang-orang tua. Ini merupakan tantangan keberlanjutan pertanian dan penyediaan pangan,”ujarnya 

“Memang di dalam ilmu ekonomi, negara makin maju semakin bergeser dari pertanian ke sektor lain seperti industri, perdagangan, konstruksi, jasa. Tapi walau petani menurun, harus diupayakan produktivitas (pertaniannya)-nya lebih tinggi,"kata Suryamin Kepala BPS di Jakarta seperti dilansir Media Indonesia.

Berdasarkan angka yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah petani ditahun 2003 silam mencapai 21,17 juta dari 26,13 juta petani indonesia berdasarkan sensus kepala keluarga yang menggeluti pertanian. Ini menunjukkan ada penurunan yang cukup signifikan. Bila kondisi ini tak segera dicarikan solusinya, tentu ini akan berbahaya bagi ketersedian pangan Indonesia, apalagi ditengah kondisi iklim yang kian tak menentu. (MI).
Share on Google Plus

About Novri Kimiawan

    Blogger Comment
    Facebook Comment