Ini Langkah Pemda DKI Antisipasi Banjir Jakarta

Inilah potret Bundaran HI saat digenani banjir (17/1/2013) lalu. Foto.bpkpenabur.or.id.
JAKARTA, BL- Musim hujan diperkirakan akan datang pada Oktober mendatang. Pemprov DKI Jakarta mulai berbenah menyusun berbagai langkah untuk mencegah banjir menggenangi Jakarta. 

"Info dari BMKG pada Oktober 2013 sudah memasuki musim hujan dan curah hujan meninggi. Puncaknya akan tiba pada Desember dan Januari, ini memungkinkan adanya ancaman banjir," kata Kadis PU DKI Jakarta Rudi Siahaan usai mengikuti apel satgas banjir dan satgas jalan rusak di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (27/9/2013). 

Rudi mengatakan, pihaknya telah membentuk posko-posko banjir di beberapa wilayah Jakarta. Selain itu juga dibentuk posko jalan rusak untuk memperbaiki separator dan kerusakan jalan yang terjadi akibat kikisan air. 

"Ini untuk memperbaiki jalan yang mengalami kerusakan," katanya seperti dilansir Detikcom. 

Rudi mengatakan, pihaknya telah memperbaiki pintu air dan juga pompa-pompa air yang ada di Jakarta. Pengerukan juga telah dilakukan dengan eksavator. "Kita keruk 18 saluran makro, pengerukan kali dan juga waduk," katanya. 

Selain itu juga telah dipasang CCTV di rumah pompa untuk memantau kondisi rumah pompa tersebut. "Kita juga koordinasi dengan petugas kelurahan dan kecamatan," katanya. (DC).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment