Sensasi Memancing di Rumah Bagang


Rumah bagang di pesisir Kecamatan Laonti menjadi lokasi pemancingan bagi warga Kota Kendari. Memiliki jarak tempuh satu jam membuat jalur ini mudah dikunjungi penikmat kuliner hasil laut.  Foto: Yoshasrul/Sultranews.com.  

KONSEL, BL- Memancing di sungai atau di laut mungkin sudah biasa, namun memancing di rumah bagang patut dicoba sebagai menjadi alternatif pilihan diwaktu liburan anda di akhir pecan. Selain bisa memilih ikan berbagai jenis sesuka hati, Anda juga menikmati ikan bakar hasil pancingan sambil terus mengulurkan kail ke laut.

Ya,inilah yang dilakukan sekelompok warga di pesisir desa, Kecamatan Laonti,  Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara yang memanfaatkan waktu liburan akhir pekan mereka dengan memancing di sebuah rumah bagang milik Sarifudin, warga nelayan setempat.

Rumah bagang sendiri berukuran 6 x 8 meter persegi, merupakan rumah panggung terbuat dari kayu yang berdiri kokoh di atas laut  dan di bagian bawah rumah disimpan berbagai jenis ikan  laut. ikan-ikan berbagai jenis dan ukuran ini disimpan dalam kolam air yang diseluruh sisinya di pasangi jaring -jaring   yang berfungsi sebagai pembatas  agar ikan tidak lari.

Memancing di bagang yang penuh ikan ini memang memiliki sensasi tersendiri bagi para pemancing, sebab di rumah bagang ini para pemancing  bisa memilih jenis dan ukuran ikan hidup yang akan dipancingnya. Cara memancing pun sedikit berbeda, dimana kail harus di turunkan melalui celah lantai rumah yang terbuat dari kayu. Tak hanya itu hasil ikan pancingan yang masih hidup dapat langsung di bakar di perapian yang sudah disiapkan pemilik bagang.

Sarifudin pemilik bagang mengaku setiap minggunya, rumah bagang miliknya selalu di kunjungi para pemancing yang berasal dari Kota Kendari. Selain menawarkan paket ikan murah memancing di rumah bagang juga terasa alami karena didukung panorama alam laut yang alam sehingga membuat orang yang datang betah duduk berlama-lama di rumah bagang.

Perairan laut Konawe Selatan memang menyimpan surga ikan bagi nelayan setempat. Apalagi di sepanjang pesisir daerah kecamatan laonti belum banyak dikembangkan rumah bagang seperti milik Sarifudin tersebut. Pemerintah konawe selatan masih berusaha mengembang pemberdayaan rumah bagang  yang dapat mensejahterakan warga setempat.(Yos Hasrul).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment