Babakan Siliwangi Tetap Difungsikan Sebagai Hutan Kota

Babakan Siliwangi Bandung yang selama ini berfungsi sebagai hutan kota tetap dipertahankan. Foto : Infobdgdotcom.

BANDUNG, BL-  Setelah melalui desakan dari penggiat lingkungan di Bandung termasuk dari Jakarta, Babakan Siliwangi akhirnya dikembalikan fungsinya sebagai hutan kota.

Informasi tersebut disampaikan langsung Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil melalui situs jejaring social media Fecebook.

"Hari ini hari yang bersejarah bagi warga Bandung. Setelah 11 tahun, Hari ini (Kamis 31/10/13) Babakan Siliwangi dikembalikan ke Pemerintah Kota Bandung untuk menjadi hutan kota," tulis Ridwan Kamil di akun Facebook Ridwan Kamil Untuk Bandung (31/10).

Ia juga mengajak warga Bandung untuk kembali menghijaukan kota yang dikenal dengan sebutan Paris Van Java itu. "Mari kita jaga & hijaukan kembali kota Bandung tercinta ini,"harapnya.

Pendiri program Indonesia Berkebun ini juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh warga Bandung dan pihak yang telah berjuang untuk pembebasan Babakan Siliwangi.

Sejumlah warga Bandung di social media Facebook pun menyambut baik Babakan Siliwangi tetap difungsikan sebagai hutan kota. "Alhamdulillah... Semoga siapapun 10 tahun kedepan yang menjabat Walikota atau Gubernur, akan tetap mempertahankan Babakan Siliwangi untuk menjafi hutan kota dengan pemeliharaan yang benar. Beribu terimakasih Bapak Ridwan Kamil, semoga Allah selalu memberi kesehatan, kekuatan, keikhlasan serta tetap amanah. Aaamiiin,"tulis Sri Rejeki di facebook.

Sebelumnya, Forum Warga Peduli Babakan Siliwangi menolak komersialisasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berfungsi sebagai ruang publik.

Manajer Pengembangan Sumberdaya Walhi Jawa Barat Muhammad Hendarsyah mengatakan hutan kota Babakan Siliwangi yang memiliki luas 3.8 hektar akan dijadikan restoran oleh pihak ketiga. Karena itu, Forum Warga Peduli Babakan Siliwangi yang merupakan gabungan komunitas, individu warga, maupun civitas akademika di Kota Bandung menggalang petisi penolakan komersialisasi tersebut.

Desakan mereka kini membuahkan hasil, Pemerntah Kota Bandung akhirnya mengembalikan fungsikan Babakan Siliwangi, sebagai hutan kota.(Marwan Azis).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment