Badak Asia Terancam Punah


0
Foto : dok.griyawisata.com
Ilustrasi
JAKARTA, BL – Tiga badak Asia dari lima jenis badak yang ada di dunia yaitu, Badak India atau The greater one-horned Rhino (Rhinoceros unicornis), Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), dan Badak Sumatera (Dicerorhinos sumatrensis) dilaporkan terancam punah.
“Jumlah populasi ketiga spesies ini dahulu sangat banyak dan tersebar di seluruh Asia, tapi belakangan populasinya sudah banyak berkurang karena berbagai factor antara lain perburuan unntuk cula, degradasi dan fragmengtasi habitat,” kata Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan di Bandar Lampung, seperti dilansir Indopos yang juga dikutip Bijaks.net, (2/10).
Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, saat ini total populasi ketiga spesies ini di seluruh Asiaa tidak lebih dari 3.350 individu dan hanya di temukan di beberapa Negara saja di antaranya Indonesia, Malaysia, Bhutan, India, dan Nepal.
Dari ketiga jenis badak Asia itu, kata Zulkifli, Badak Jawa termasuk jenis yang paling terancam dengan total populasi sekitar 50 ekor, dan hanya ditemukan terbatas di TN Ujung Kulon Indonesia, diikuti oleh Badak Sumatera dengan total populasi kurang dari 100 ekor yang tersebar di beberapa kawasan konservasi di Sumatera TN Gunung Leuser, TN Way Kambas dan TN Bukit Barisan Selatan dan beberapa individu di Borneo, Malaysia. (IP).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment