Festival Taman, Pesta Bagi Masyarakat Hijau dan Komunitas

2 Bocah bermain di Taman Cattleya Jakarta . Foto : catatannike.blogspot.com
JAKARTA, BL- Jelang pelaksanaan Festival Taman di Taman Cattleya Jakarta akhir pekan ini (19-20 Oktober 2013), lebih dari 30 komunitas telah mengonfirmasikan partisipasinya untuk meramaikan kegiatan ini. 
Rupa ragam komunitas yang terlibat sangat bervariasi. Mulai dari komunitas penggiat hobi (fotografi), pengamat bintang (Himpunan Astronom Amatir Jakarta), komunitas peduli anak-anak (SIGI, 1001Buku, dan lain-lain), hingga komunitas peduli lingkungan (Zero Waste). 
Festival Taman merupakan salah satu upaya bagi kumpulan komunitas yang digagas oleh Peta Hijau Jakarta untuk memanfaatkan Ruang Terbuka Hijau yang ada di wilayah Jakarta. “Kami mengundang warga Jakarta, selain terlibat pada kegiatan festival ini, tapi juga boleh mengadakan kegiatan-kegiatan lain di taman ini; mulai dari sekadar piknik bersama, membaca buku, daln lain-lain; namun juga tetap menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan taman,” kata Nirwono Joga, Koordinator Komunitas Peta Hijau (GreenMap) Jakarta.
Dalam acara yang akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo ini, Festival Taman akan terbagi dalam tiga area: pameran komunitas, pertunjukan seni (musik, pantomim, stand up comedy, puisi), dan workshop yang keseluruhannya diadakan oleh komunitas yang berpartisipasi.
Semua kegiatan ini diadakan secara terbuka untuk umum dan gratis. Masyarakat juga dapat berdonasi dengan membawa majalah, buku, ataupun koran bekas yang dapat disumbangkan di stand donasi buku milik panitia.
Dikatakan oleh Bayu Wardhana, Ketua Panitia Festival Taman Jakarta 2013, “Melalui Festival Taman ini, kami mengajak warga Jakarta untuk bergembira bersama dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di taman, sehingga dapat mendorong keseriusan pemerintah daerah dalam memenuhi lebih banyak lagi Ruang Terbuka Hijau di Jakarta. (Elizabeth Swanti)

Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment