Gempa 5,6 SR Guncang Aceh

Ilustrasi gempa. Foto : 
ACEH, BL- Gempa 5,6 skala ricter (SR) kembali menguncang Aceh (12/10) pada pukul 12:40:30 WIB, warga dilaporkan berhampuran keluar rumah untuk menyelamatkan diri dari bahaya.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa  di darat pada kedalaman 10 km, di koordinat 5.29 LU dan 95.42 BT. Pusat gempa 16 km Barat Daya Kabupaten Aceh Besar atau 32 km Tenggara Kota Banda Aceh.Sumber gempa berasar dari Sesar Sumatera. Gempa tidak berpotensi tsunami. 

Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengkonfirmasi dampak gempa di Aceh Besar. Dilaporkan gempa dirasakan kuat oleh masyarakat selama 8-10 detik. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah.  Belum ada laporan kerusakan. Masyarakat telah kembali tenang dan normal aktivitasnya.

Berdsarkan peta guncangan gempa, di pusat gempa memiliki intensitas VI MMI (kuat) sedangkan di sekitarnya berintensitas IV-V MMI (ringan hingga sedang). BPBD Aceh Besar masih melakukan pemantauan dampak gempa.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala  Pusat data Informasi dan Humas BNPB menghimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman gempa mengingat gempa bumi bersifat mendadak. Dan hingga kini belum ada sistem peringatan dini gempa. 

Kemampuan Indonesia mendeteksi gempa adalah 5 menit setelah kejadian gempa, baik kekuatan, kedalaman, dan lokasi gempabumi. Jika terjadi gempa segera keluar rumah dan berlindung di tempat yang aman.(Marwan Azis).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment