Tips Menghemat Air Saat Mencuci Peralatan Makan

Foto : asklubodotcom
Setelah menyantap makanan lezat, Anda pasti malas untuk membersihkan kotoran yang masih tersisa di piring bekas makan tadi. Sisa makanan yang tertinggal di piring seperti minyak, sayur atau kerak lainnya harus dibersihkan dengan menggunakan banyak air. Apalagi kalau piring harus dicuci dalam jumlah banyak. Yuk simak cara menghemat air pada saat mencuci piring :

1. Buang sisa-sisa makanan ke tempat sampah. Dengan piring yang telah bersih dari kotoran ‘kasar’, Anda akan lebih mudah mencucinya. Selain hemat air juga menghemat waktu.

2. Kumpulkan semua piring dan gelas kotor dalam satu tempat di dekat wastafel. Jika tidak memiliki wastafel, tempatkan dalam baskom atau ember besar. Mengumpulkan semua piring kotor dalam satu tempat akan menghemat waktu. dan menghemat waktu ketika mencuci piring, sama artinya dengan menghemat air.

3. Siapkan satu wadah air berisi sabun pencuci piring. Lebih baik yang mengandung jeruk nipis atau lemon karena lebih cepat membersihkan dan membuat kesat sehingga tak perlu berkali-kali membilasnya dengan air.

4. Cuci satu per satu piring dan gelas dengan sabun tersebut. Gunakan spons atau sabut pencuci yang baik, agar hasil pencuciannya bersih maksimal.

5. Siapkan satu ember lainnya yang berisi air bersih untuk membilas. Daripada menggunakan air mengalir, akan lebih hemat jika Anda memasukkan satu per satu cucian ke dalam air bersih.

Semoga tips ini berguna untuk Anda dan keluarga. Have a nice day! (yen/evoucher)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment