BNPB Imbau Warga Jakarta Tetap Waspada

Pintu Air Katulampa, Bogor. Foto: cctc

JAKARTA, BL -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau warga DKI Jakarta tetap waspada mengingatkan  hari ini diperkirakan masih terjadi hujan.

Pagi ini Pintu Air Bendungan Katulampa, Bogor dilaporkan sudah mencapai 110 cm. Ketinggian air diperkirakan akan terus meningkat lantaran cuaca di sebagian besar kawasan Bogor saat ini sedang hujan dan Jakarta hari ini diperkirakan masih diguyur hujan. Kondisi ini dibenarkan petugas jaga pintu air Ktulama, Andi Sudirman pada pagi ini.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB , Sutopo Purwo Nugroho, melalui rilisnya melaporkan, sejak Sabtu (18/1) pukul 01.00 hingga. 06.00 WIB, tinggi muka air Sungai Ciliwung di Manggarai bertahan di 960 cm atau tingkat Siaga I. Hal yang sama juga di Karet di 690 cm (Siaga I).

Sedangkan tinggi muka air di Katulampa dan Depok masih Siaga III. Ini menunjukkan bahwa hujan di bagian hilir DAS Ciliwung lebih tinggi dibandingkan di bagian hulunya saat ini yang menyebabkan Manggarai Siaga I.

"Meskipun posisi 960 cm di Manggarai, Kanal Banjir Barat masih bisa menampung debit tersebut. Artinya belum melimpas (overtopping)," katanya.

Jumat malam, Jakarta diguyur hujan deras. Sejumlah kawasan permukiman penduduk tergenang air.
Pada 17 Januari 2013, banjir besar melanda Jakarta, yang meminta sejumlah korban jiwa. Ketika itu, tinggi muka air di Manggarai pada 1.020 cm. Bandingkan dengan saat ini 960 cm.

"Jadi saat ini masih lebih kecil debitnya. Begitu pula di bagian hulu, sebelumnya pada 15-1-2013 Katulampa posisi 210 cm (Siaga I) sedangkan saat ini 110 cm (Siaga III)," katanya.

Kementerian PU telah memperkuat tanggul-tanggul sungai di Kanal Banjir Barat. Semoga tidak ada tanggul yang jebol dan debit bisa dikendalikan. Genangan dan banjir terjadi di beberapa tempat. Personil BNPB, BPBD DKI, Tagana, SKPD DKI, PMI, Basarnas, TNI, Polri, Kementerian PU, Kemkes, relawan dan lainnya berada di lapangan membantu penanganan banjir dan pengungsi.

BNPB telah memberikan perahu polyethylene 50 unit dan sudah didistribusikanBPBD DKI ke 12 unit ke kecamatan dan 38 unit ke kelurahan yang terkena banjir.

Berikut pantauan Pusdalops BPBD DKI, tinggi muka air Sabtu, 06.00 WIB :
- Katulampa 110 cm/G (siaga 3);
- Depok 225 cm/M (siaga 3);
- Manggarai 960 cm/M (siaga 1);
- Karet 690 cm/M (siaga 1);
- Pesanggrahan 140 cm/M (siaga 4);
- Angke Hulu 215 cm/G (siaga 3);
- Cipinang 125 cm/H (siaga 4);
- Sunter Hulu 130 cm/G (siaga 4);
- Pulogadung 650 cm/M (siaga 3);
- Waduk Pluit 95 cm/M ;
- Pasar Ikan 162 cm/M (siaga 4);
- Krukut Hulu 150 cm/M (siaga 3)
- H hujan, M mendung, G gerimis.

  (BNPB/TN/K1)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment