Gunung Sinabung Muntahkan Abu dan Lahar Panas


Inilah kondisi Gunung Sinabung saat memuntahkan abu vulkanik dan lahar panas (14/1). Foto : ©REUTERS/Tarmizy Harva.
KARO, BL- Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, kembali meletus, bahkan letusan yang terjadi sejak Selasa kemarin terbilang dahsyat Gunung Sinabung memuntahkan abu dan lahar panas.

Berdasarkan laporan yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sepanjang Selasa (14/1) kemarin, Gunung Sinabung kembali meletus sedikitnya 30 kali.

Lebih dari 25.000 orang dilaporkan telah mengungsi dan dievakuasi dari rumah-rumah mereka di sekitar Gunung Sinabung.

Muntahkan  abu dan lahar panas mencapai radius 4 kilometer, yang menyebabkan rumah-rumah kayu rusak serta ratusan polisi dan militer mengevakuasi warga sekitar gunung tersebut. “Status Gunung Sinabung saat ini masih awas,” kata Tri Budiarto, Deputi Penanganan Darurat BNPB seperti dikutip UCA News (15/1).

Para pengungsi, yang berjumlah lebih dari 25.500 orang, sedang ditampung di 38 tempat penampungan darurat dengan bantuan selama setidaknya satu minggu.“Sekarang kita mencoba untuk menyediakan lebih banyak air bersih, yang sangat terbatas,” tambah Budiarto.

Laporan media mencatat 14 tewas yang berhubungan dengan aktivitas gunung berapi tersebut sejak letusan pada September menyusul gunung itu kembali aktif tahun 2010 setelah 400 tahun tidak aktif. (Marwan).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment