Pintu Air Depok Capai 380 Sentimeter, Jakarta Waspada

Pintu Air Depok Capai 380 Sentimeter, Jakarta Waspada
Bendung Katulampa. Foto : BNPB.
DEPOK, BL- Hujan di Kota Depok semalam malam membuat permukaan air Sungai Ciliwung di wilayah tersebut naik hingga mencapai 380 sentimeter atau siaga satu.
“Warga Jakarta yang tinggal di dekat daerah aliran sungai harus waspada dengan ketinggian air Ciliwung,” kata petugas pemantauan ketinggian air Ciliwung di Jembatan Panus Depok, M Ardi, Kamis.
Menurut dia, warga Jakarta di bantaran kali Ciliwung pada Kamis siang akan mengalami banjir karena air dari Depok akan masuk Jakarta dalam waktu enam sampai delapan jam. “Ketinggian air Ciliwung mencapai 380 cm pada pukul 04.00 WIB,” katanya seperti dilansir Antara.
Sedangkan ketinggian permukaan air kali Ciliwung di Bendung Katulampa Bogor juga mengalami peningkatan pada Rabu (29/1) hingga pukul 23.26 WIB mencapai 220 sentimeter, sehingga petugas memberlakukan situasi siaga satu banjir di wilayah yang dilalui sungai ini.
Ardi mengatakan debit air di Sungai Ciliwung bisa serta-merta naik dengan cepat tergantung pada curah hujan, apalagi kalau di Bogor intensitas hujan tinggi maka ketinggian air akan naik.
Ketinggian air ini harus tetap diwaspadai, terutama warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai karena cuaca di Kota Depok masih hujan gerimis.
Hujan di daerah Bogor, menurut Ardi, sangat berpengaruh terhadap ketinggian air Ciliwung. Biasanya air dari Bogor sampai ke Depok dalam waktu 3,5 jam, paparnya.
Menurut dia selama musim hujan dan status siaga ini, petugas di pintu air Depok terus melakukan koordinasi dengan petugas di Bendungan Katulampa, Bogor, serta petugas di pintu air Manggarai. (Ant).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment