Teknologi Hemat Energi untuk Rumah dua Lantai

Ilustrasi | Foto:  Dean
Ilustrasi | Foto: Dean
Ada banyak alasan mengapa orang memilih membangun rumah dua lantai. Rumah dua lantai lebih banyak keunggulan dibandingkan bungalow dan jauh lebih mudah membangunnya dan lebih murah daripada rumah dengan lantai lebih banyak.

Bagi pemilik rumah rata-rata, rumah bertingkat dua memiliki keseimbangan yang tepat dari ruang interior, penampilan fisik, efisiensi energi, kustomisasi, dan nilai jual kembali . Jika Anda memiliki keluarga besar, rumah bertingkat dua masuk akal karena menawarkan ruang untuk keluarga lebih luas.

Sejak isu penyelamatan lingkungan menjadi topik, pemilik rumah mencari cara untuk membuat rumah mereka hemat energi. Sementara isolasi rumah, kaca jendela dan menggunakan peralatan yang lebih efisien adalah metode standar untuk mengendalikan pengeluaran energi. Namun teknologi modern telah membawa metode baru dalam penghematan energi. Beberapa diantaranya seperti tersebut di bawah ini:

Sensor liburan

Sensor hunian dapat melakukan berbagai tugas ketika mendeteksi keberadaan seseorang di rumah. Fungsi utama antara lain mengatur lampu dan AC atau pemanas ketika seseorang memasuki ruangan. Menggunakan sinyal inframerah untuk mendeteksi gerakan, sensor bisa mengubah lampu pada saat seseorang masuk serta pengaturan suhu yang benar . Hal ini berpengaruh besar untuk mengurangi tagihan listrik, terutama jika keluarga Anda cenderung pelupa atau lalai untuk mengubah mematikan peralatan listrik.

Penggunaan lain dari sensor tersebut adalah untuk keamanan. Setelah meninggalkan rumah, penghuni dapat mengaktifkan sensor dan jika mendeteksi gerakan yang tak terduga dalam bentuk apapun, sensor membunyikan alarm, mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik rumah atau bahkan memberitahu pihak berwenang. Sistem ini telah terbukti sangat efektif baik sebagai pencegah dan mengatur keamanan.

Jendela Ganda Glazed 

Ini adalah jenis khusus dari jendela yang terdiri dari dua panel kaca dipisahkan oleh lapisan gas (biasanya udara). Panel kaca ini dan lapisan gas di antara mereka disegel ketat untuk meningkatkan isolasi properti jendela. Akibatnya, jendela kaca ganda memberikan perlindungan yang lebih baik dari suhu luar baik di iklim panas ataupun dingin. Mengingat ruang yang tersedia dalam rumah bertingkat dua, siapa saja yang berniat untuk membangun satu tentu harus mempertimbangkan jendela kaca ganda. Hal ini menghasilkan penghematan besar-besaran pada tagihan energi. Selain itu , jendela ini lebih mudah untuk mempertahankan dari satu panel jendela. Hampir semua rumah yang baru dibangun menggunakan jendela kaca ganda dalam konstruksi mereka .

Pemanasan Efisien dan Sistem Pendingin

Pada kebanyakan rumah, pemanasan dan pendinginan selama merupakan lebih dari setengah penggunaan energi. Oleh karena itu sangat penting bahwa Anda menginstal pemanas dan sistem pendingin di rumah Anda yang efisien. Dalam sebuah rumah bertingkat dua, menginstal sistem pemanas sentral dan termostat yang diprogram akan membantu Anda menghemat besar tagihan energi.

Sejak pemerintah memberikan banyak insentif untuk menjadi lebih hemat energi, juga dalam kepentingan terbaik Anda untuk menginstal sebuah pemanas yang sesuai dan sistem pendingin di rumah Anda. Selain itu, ada berbagai pilihan pembiayaan yang dapat Anda memanfaatkan untuk membangun rumah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membangun rumah hemat energi tidak hanya akan menghemat banyak uang pada biaya energi  tetapi Anda juga akan menikmati banyak manfaat pajak . Seiring dengan insentif keuangan, Anda juga akan memiliki kontribusi untuk menyelamatkan lingkungan . Ini adalah win-win solution!
Sumber: greenerideal.com /greenjournalist.net
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment