Hujan Sinabung Bantu Percepatan Pemulangan Pengungsi

KARO, BL- Pasca erupsi Gunung Sinabung 1 Februari 2014 yang menewaskan 17 orang, wilayah ini belum pernah turun hujan. Namun sejak 2 hari lalu di wilayah ini telah diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dimulai sejak sore hingga sekitar pukul 20.00.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, hujan yang turun sejak 2 hari lalu cukup membantu program percepatan pemulangan pengungsi, baik untuk program pembersihan hunian maupun lahan pertanian.
Turunnya hujan ini semoga dapat dimaknai sebagai upaya untuk dapat segera kembali ke desanya dan melakukan aktivitas keseharian yang telah lama ditinggalkan selama 4 bulan lebih berada di jambur pengungsian. Warga desa yang telah diperbolehkan pulang sesuai rekomendasi PVMBG agar mematuhi larangan pemerintah untuk tidak beraktivitas dan berada di dalam radius 5 Km dengan alasan apapun.
Warga desa yang sudah kembali berjumlah 5.783 jiwa/1.619 KK yang berasal dari Desa Batu Karang, Desa Rimo Kayu dan Desa Naman. Sedangkan warga desa lainnya yang akan dikembalikan berasal dari Tiganderket, Kutambaru, Tanjung Merawa, Kutambelin, Kebayaken, Gungpinto, Sukandebi dan Payung, yang saat ini tengah melakukan pembersihan hunian dan fasilitas umum bersama TNI, Polri dan Relawan.
Kepala BNPB, Syamsul Maarif, meskipun berada di Kediri untuk menangani erupsi Gunung Kelud, tetap memberikan arahan bagi personil BNPB di Sinabung dalam pemulangan pengungsi.
BNPB mengkoordinasikan potensi nasional  bersama unsur Pemkab Karo secara rutin melakukan sosialisasi di jambur-jambur pengungsian untuk memberikan pemahaman secara utuh kepada pengungsi sebagai proses pengetahuan gejala Sinabung dan untuk membentuk penanganan secara mandiri serta kesiapsiagaan masyarakat di masa mendatang. Unsur Pemkab Karo menyampaikan materi sosialisasi terkait program pelayanan bantuan pendidikan, pertanian dan kesehatan. (Wan)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment