Tim Ekspedisi Geografi Menanam Pohon di Taman Nasional Sebangau

Wantimpres Prof Meutia Hatta bersama rombongan ekspedisi geografi Indonesia melakukan penanaman bibit pohon di Taman Nasional  Sebangau (TNS), kemarin(8/6). Foto : Didi Maturidi.
PALANGKARAYA, BL-  Tim Ekspedisi Geografi Indonesia termasuk  Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Prof Dr Meutia Hatta kemarin melakukan penanaman pohon di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Mereka menanam sejumlah bibit pohon jenis belangiran, pulai, jelutung dan pisang-pisangan  di Taman Nasional Sebangau (TNS) di Palangka Raya Kalteng, Minggu (8/6) kemarin.

Rombongan  yang berjumlah sekitar 30 orang ini, diikuti  oleh  Kepala   Badan Informasi Geospasial (BIG) Asep Karsidi MSc PhD. Tidak hanya  melaksanakan penanaman bibit pohon di TNS saja,  tapi juga melakukan kunjungan ke tempat lain  dengan agenda kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian kelestariaan lingkungan dan pemetaan.

“Kegiatan ekspedisi geografis Indonesia ini  merupakan kegiatan rutin, dan ini merupakan kegiatan yang kesembilan, bahasa sederhana dari ekspedisi adalah  menjelajah alam tapi fokusnya dari aspek geografi, tahun lalu kami laksanakan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung,” kata Asep Karsidi.

Ekspedisi tahun ini dilaksanakan di lahan gambut Kalimantan Tengah, karena sekarang ramai isunya mengenai lahan gambut. “Kalau lahan gambut terbakar, berapa persen menyumbang  emisi karbonya?”ujarnya.

Menurutnya,  lahan gambut  punya karakteristik menyangkut  hidrologinya.  “Sekali kita membuat program yang salah dan ceroboh seperti kanalisasi,  maka lahan gambut yang ada akan terancam kering,”tukas dia.

Dijelaskan, BIG ini mempunyai tugas  melaksanakan pemerintahan  di bidang informasi geospasial sebagaimana dimaksud dalam  pasal 2 Perpres No 94 Tahun 2011, lembaga ini adalah lembaga Pemerintah nonkementerian yang berada  di bawah dan bertangung jawab kepada Presiden.

Kepala TNS, Adib Gunawan menyambut  baik, adanya kegiatan penanaman pohon yang dilakukan rombongan ekspedisi geografis Indonesia dari BIG ini.

“Kami menyambut baik kunjungan ini karena banyak hal positif yang dapat diambil, salah satunya untuk lebih memperkenalkan  TN Sebangau  kepada masyarakat luar dan mengharapkan ada kerjasama dengan mereka berupa kerjasama mengenai data base,” ujar Adib Gunawan. (Maturidi)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment