Warga Rembang Tolak Pendirian Pabrik Semen di Pegunungan Kendeng

Foto : Aksi penolakan tambang semen direncana lokasi tapak pabrik Semen Indonesia. Foto : Jurnalperempuan.org.
REMBANG, BL- Rencana penambangan dan pembangunan pabrik semen di Rembang Kecamatan Gunem, Rembang, Jawa Tengah, menuai penolakan warga setempat.

Bahkan 500 Warga Desa Sekitar lokasi rencana penambangan dan tapak pabrik mengancam akan menduduki rencana lokasi tapak pabrik dikarenakan tidak ada itikad baik dari Semen Indonesia dalam seluruh rencana proses penambangan dan pendirian pabrik di Rembang.

Ming Ming Lukiarti, aktivis Aliansi Warga Rembang Peduli Pegunungan Kendeng melalui keterangan tertulisnya yang diterima Beritalingkungan.com, mengatakan, aksi ini menjadi pilihan terakhir setelah warga tidak pernah diberi kesempatan untuk menyuarakan berbagai pelanggaran yang telah dilakukan selama persiapan proyek pembangunan pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang ini.

Warga tidak pernah tahu informasi yang jelas mengenai rencana pendirian pabrik semen. Tidak pernah ada sosialisasi yang melibatkan warga desa secara umum, yang ada hanya perangkat desa dan tidak pernah disampaikan kepada warga.

Ming juga menambahkan, warga juga tidak pernah ada penjelasan mengenai dampak-dampak negatif akibat penambangan dan pendirian pabrik semen.  Bahkan intimidasi sering terjadi seiring gerakan warga yang ingin memperjuangkan haknya untuk memperoleh informasi yang jelas dan memperoleh lingkungan hidup yang sehat.(Marwan Azis)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment