Isu Lingkungan Jadi Topik Debat Capres, NGO Gelar Nonton Bareng

Ilustrasi Debat perdana Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Hatta, Joko Widodo- Jusuf Kalla. Foto : Republika.

JAKARTA, BL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan hari ini kedua pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta, Joko Widodo- Jusuf Kalla untuk mendebatkan visi, misi, serta program kerja mereka di bidang energi, pangan, dan lingkungan

Acara debat capres tersebut akan bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7/2014) pukul 20.30 -22.30 WIB serta disiarkan langsung oleh sejumlah tivi nasional. Rektor Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi, Phd dipilih oleh KPU sebagai moderator.

Dalam debat terakhir ini pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla diprediksi akan tampil habis-habisan menonjolkan kelebihan program dibidang energi, pangan dan lingkungan untuk bisa meraih simpati pemilih.

Kepala Greenpeace Indonesia, Longgena Ginting mengatakan, Greenpeace sangat gembira karena isu lingkungan sudah masuk dalam  visi misi dua pasang capres, dibandingkan pasangan capres pada pemilihan presiden tahun 2009. Bahkan debat capres putaran terakhir akan mengusung permasalahan energi dan lingkungan hidup.

 "Ini menunjukkan isu lingkungan hidup sudah semakin penting,""kata Longgena saat menjadi narasumber diskusi lingkungan dengan tema “Pasca Pilpres 2014 : Masa Depan Lingkungan Hidup Indonesia” yang digelar Beritalingkungan.com bekerjasama SIEJ di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta (3/1).

Nonton Bareng

Sejumlah lembaga lingkungan mengapreasi dimaksudkan isu lingkungan, energi dan pangan dalam agenda debat capres-cawapres. Bahkan dua organisasi non pemerintahan (NGO) lingkungan terbesar di Indonesia, WALHI dan Greenpeace Indonesia mengajak masyarakat untuk nonton bareng debat capres terakhir ini.

Greenpeace menggelar nonton bareng dan mendiskusikan visi, misi, dan program kerja kedua pasang capres-cawapres di Retro Cafe, Hotel Bidakara, The A-Poing G 31, Gedung Binasentra. Acara serupa juga WALHI di Gedung Serba Guna WALHI, JL Tegal Parang Utara, Jakarta Selatan. (Marwan Azis)

Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment