Cagar Alam Bukit Tangkiling Terbakar

 Cagar Alam Bukit Tangkiling tak luput dari kobaran api. Foto : Kalteng Pos.

PALANGKA RAYA, BL – Kebakaran lahan dan hutan terjadi diberbagai daerah di Indonesia, bahkan sudah merampah ke wilayah konservasi. Laporan terbaru mengungkapkan Cagar Alam Bukit Tangkiling, Palangka Raya, Kalimantan Tengah semalam terbakar.

Karena kondisi medan yang berada di perbukitan dan jauh dari sumber air, tim Manggala Agni  seperti dikutip laman kaltengpos.web.id, mengaku kesulitan untuk melakukan pemadaman. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng terpaksa hanya mengandalkan pemadaman melalui udara dengan menggunakan pesawat water booming Air Tractor yang baru didatangkan.

“Luas lahan yang terbakar sementara belum bisa kita perkirakan. Karena medannya sulit, terpaksa upaya pemadaman memaksimalkan pesawat water booming saja,” kata Andreas Dody, petugas Bidang Data Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan BKSD Kalteng, tadi malam.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui penyebab kebakaran areal konservasi yang menjadi kebangaan masyarakat Palangka Raya itu. (Nto/KP).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment