PLI 2015, Ajang Edukasi Lingkungan


Sekertaris Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rasio saat menyampaikan sambutan pada peluncuran Pekan Lingkungan Indonesia 2015 di Manggala Wanabakti, Jakarta (21/04)

JAKARTA, BL- Kementerian Lingkungan  dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Antheus akan kembali menggelar Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) 2016 di Assembly Hall pada tanggal 18 hingga 21 Juni 2015 yang rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

 “ Lauching Pekan Lingkungan Indonesia ke 19 tahun  ini luar biasa, karena selama 19 tahun digelar dan tidak putus.” Kata  Deputi VI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ilyas Asaad saat Lauching Pekan Lingkungan Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, Kantor KLHK, Jakarta (21/04).

Mantan Kepala Regional Kementerian Lingkungan Hidup wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua ini menjelaskan,  awalnya digagas untuk memperingati Hari Lingkungan, kemudian dikembangkan dengan berbagai kegiatan seperti pameran dan berbagai seminar beragam topik lingkungan berdasarkan hasil riset yang terbaru.

Penyelenggaraan Pekan Lingkungan Indonesia merupakan rangkaian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day(WED) yang merupakan perayaan lingkungan hidup terakbar di seluruh dunia. Puncak acaranya diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Sejak digelar pertama kali pada tahun 1972, WED telah menjadi media bagi PBB (melalui UNEP) untuk mengkampanyekan akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertujuan menyadarkan semua pihak untuk ikut bertanggungjawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat bumi dan lingkungan hidup.

Pada tahun 2015 ini, perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED) 2015 mengangkat tema Seven Billion Dreams.One Planet. Consume with Care”.

Pada penyelenggaraan Pekan Lingkungan Indonesia yang ke 19 akan diramaikan dengan berbagai event kegiatan seperti Indonesia CSR Indonesia 2015, Eco Creative Products Expo, Renewable Energy Expo, Green Music  Festival, Eco Driving Rally, Funbike Nasional dan Gerakan Menanam Pohon, Talshow, Bazar, Lomba Mewarnai dan  Seminar tematik lingkungan yang akan bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

“Ini kesempatan  bagi daerah untuk menyampaikan kepublik mengenai kondisi lingkungan, apa sudah dilakukan termasuk progres capaian pelestarian lingkungan,”ujarnya. Selain sebagai event promosi, PLI juga berfungsi sebagai media edukasi lingkungan.”Ini salah satu cara mengedukasi masyarakat,”jelasnya.

Ditambahkan, penyelenggaraan PLI tahun 2015 ini sedikit mengalami perubahan karena ada perubahan nomenklatur kelembagaan atau penyatuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, namun terus mengaungkan pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan.

Pekan Lingkungan Indonesia Ke-19 tahun 2015 ini akan diikuti oleh instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional, Badan dan Organisasi Lingkungan Hidup serta pemerhati lingkungan. (Marwan Azis)
-->
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: