Longsor Bandung, 1 Tewas dan 14 Masih Tertimbun

Ilustrasi pencarian korban tanah longsor di Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. Foto : Antara/Agus Bebeng.
BANDUNG, BL- Bencana longsor kembali terjadi dan menimbulkan korban jiwa di Jawa Barat.  Longsor terjadi di Kampung Cibitung RW 15 Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat hari ini pukul 14.00 Wib.

Menurut informasi yang diperoleh Beritalingkungan.com dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, longsor itu menimbun 8 rumah. Korban sementara terevakuasi 1 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat, dan 4 orang luka ringan.

Korban meninggal bernama Iran (50 tahun) warga Kampung Cibitung RW 15 Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan. Korban luka dirawat di rumah sakit terdekat. Diperkirakan 14 orang masih tertimbun material longsor.

BPBD Kabupaten Bandung sudah memperingatkan kepada penduduk adanya retakan di perbukitan akibat hujan deraspada 4 hari sebelumnya. Material longsor meluncur menghantam pipa panas bumi Star Energi Geothermal dan menimbulkan ledakan, kemudian material longsor menimbun rumah penduduk dan perkebunan.

Evakuasi korban masih dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD Kabupaten Bandung, BPBD Jawa Barat, Basarnas, TNI, Polri, relawan, masyarakat dan OPD terkait lainnya di Kabupaten Bandung. Tim Reaksi Cepat BNPB memberikan pendampingan dalam penanganan darurat. 2 alat berat telah dikerahkan untuk mencari korban yang difokuskan pada 8 rumah yang tertimbun tanah. (Marwan)


-->
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: