Suhu Panas Melanda Medan

Ilustrasi Anak-anak India mandi di kolam di pinggiran New Delhi, Kamis (28/5). Lebih dari 1.700 orang meninggal akibat sapuan gelombang panas di India. Foto : AFP PHOTO/MONEY SHARMA.

MEDAN, BL- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan suhu di Kota Medan dan sekitarnya dapat mencapai 36 derajat celsius pada pekan pertama bulan Ramadhan.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Lestari Purba di Medan, Senin, mengatakan, suhu yang mencapai 36 derajat celsiun itu akan berlangsung hingga akhir Juni 2015.

"Kemarin (Minggu, 21/6), suhunya tercatat 36,2 derajat celsius," katanya.

Menurut Lestari, suhu panas yang melanda Kota Medan dan sekitarnya disebabkan matahari sedang berada di atas belahan bumi utara yang merupakan posisi Indonesia.

Dengan kata lain, matahari persis sedang berada di atas bumi Indonesia sehingga menyebabkan suhu berbagai pelosik Tanah Air sangat panas.

Bahkan, wilayah pegunungan yang biasanya sejuk juga mengalami kondisi yang relatif panas yang suhunya bisa mencapai 32 derajat celsius.

Kemudian, Sumut sedang menerima tiupan angin barat daya yang sifatnya menyebar sehingga menggangu proses pembentukan awan.

Kondisi itu menyebabkan awan di atas Kota Medan dan sekitarnya menjadi sedikit sehingga sinar matahari tidak terhalang dan langsung menyinari bumi.

Keberadaan angin barat daya tersebut juga menyebarkan hawa panas yang muncul sehingga panas yang ada dirasakan di berbagai tempat.

"Suhu juga menjadi panas karena Sumut akan memasuki musim kemarau kedua," katanya.(Ant)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: