Menteri LHK : Perubahan Iklim Mulai Menunjukkan Gejala Nyata

Ilustrasi perubahan iklim (climate change).
JAKARTA, BL- Sekarang ini perubahan iklim mulai menunjukkan gejala nyata seperti udara yang panas di beberapa kota termasuk Jakarta, serta beberapa daerah telah alami kekeringan.

Hal tersebut disampaikan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam pertemuan dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, perwakilan Kemenlu dan Kemenkeu, Utusan Khusus Presiden untuk Pengendalian Perubahan Iklim, Rachmat Witoelar, dan Ketua Dewan Pengarah Pengendalian Perubahan Iklim Sarwono Kusumaatmadja, guna membahas tentang persoalan perubahan iklim yang serius (22/8).

Menteri Siti menerangkan, materi pertemuan menyangkut program dan rancangan jangka panjang hingga tahun 2030 bahkan 2045 terkait prospek mitigasi dan adaptasi ancaman lingkungan dalam hal ini perubahan iklim. Serta rencana pertemuan dunia di Paris tentang perubahan iklim.

Meski begitu Siti menjelaskan, Indonesia memiliki ketahanan nasional yang mengagumkan bangsa lain di dunia. Ketahanan berupa keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi berbagai kesulitan bangsa dan keluar dari kesulitan dengan mulus dan baik. Maka kali ini juga mengedepankan ketahanan nasional atas perubahan iklim pada konteks pangan, energi dan air.

"Di Indonesia praktek nyata dalam mitigasi dan adaptasi atasi perubahan iklim sudah banyak dilakukan, karena Indonesia memang memiliki keragaman yang baik dan tinggi variasinya baik dalam ekologis maupun dalam sistem sosial, sehingga ekosistem Indonesia pada dasarnya adalah ekosistem yang kuat," jelasnya seperti dilansir laman RMOL.

Meskipun demikian kata Siti, harus dijaga dan diwaspadai terus wilayah pulau-pulau di Indonesia. Terutama pulau-pulau kecil yang rentan terhadap perubahan naiknya muka air laut.(RMOL)

> -->
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: