.

.
.

Astra dan Kementerian Kesehatan Kampanyekan Global Goals for Sustainable Development

JAKARTA, BL- Lima hari menjelang akhir September 2015, ada pertemuan akbar di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York, Amerika Serikat. Sebanyak 193 pemimpin dunia akan menghadiri Sustainable Development Summit yang diadakan pada hari Jumat (25/9) hingga Minggu (27/9).

Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin dunia akan menyatakan komitmennya untuk menyukseskan 17 goals 169 target dalam Sustainable Development Goals (SDGs) demi mencapai tiga tujuan mulia pada 15 tahun yang akan datang atau pada tahun 2030. Tiga tujuan mulia itu adalah mengakhiri kemiskinan, mencapai kesetaraan dan mengatasi perubahan iklim.

Selama tujuh hari, pada 26 September – 2 Oktober 2015, informasi seputar Global Goals secara serentak akan disebarkan melalui berbagai sarana seperti iklan, acara televisi dan radio, festival, pertandingan bola, konferensi, upacara pengibaran bendera, pesan singkat dan masih banyak lagi sarana yang lain, di hampir 193 negara di dunia untuk mengampanyekan program ini kepada publik.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Moeloek SpM mengatakan, Global Goals for Sustainable Development atau SDGs merupakan kelanjutan dari Millennium Development Goals (MDGs), yang tadinya hanya ada delapan goals menjadi 17 goals. Intinya tetap ada goals tentang kesehatan, pendidikan dan lingkungan. Semua itu tercakup dalam Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia yang telah dilaksanakan Astra.           
“SATU Indonesia Awards yang dilaksanakan Astra sejak tahun 2010 sejalan dengan apa yang ingin dicapai oleh Global Goals. Karena program ini mencari anak-anak muda berprestasi, ini kelebihannya. Jadi sudah ada kesinambungan dari yang dilaksanakan Astra dengan apa yang ingin dicapai oleh SDGs,” ungkap Menteri Kesehatan RI.     

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto melalui siaran persnya yang diterima Beritalingkungan.com mengatakan, bagi Astra, kegiatan bisnis tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat sekitar. Perusahaan tidak hanya harus menguntungkan, tetapi juga harus berkelanjutan. Hal ini kami lakukan sesuai dengan filosofi kami, Catur Dharma. Butir pertamanya berbunyi: Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.”      
Seraya menambahkan, Astra memiliki visi yang serupa dengan apa yang digaungkan oleh Global Goals, yaitu Astra ingin sejahtera bersama bangsa (prosper with the nation). Komitmen ini tentunya akan terus dijalankan Astra melalui Strategic Triple P Roadmap yang terdiri dari Portfolio Roadmap, People Roadmap dan Public Contribution Roadmap untuk menuju visi Astra pada tahun 2020 yaitu menjadi kebanggaan bangsa (Pride of The Nation).

Apa itu Global Goals?

Global Goals atau SDGs merupakan langkah lanjutan dari pengembangan tujuan MDGs untuk menguatkan apa yang telah kita lakukan agar dapat bertahan selamanya. Global Goals merupakan rangkaian target yang dirancang agar dapat dicapai untuk menyukseskan tiga harapan mulia tersebut.

Kampanye Global Goals merupakan gerakan kolaborasi global untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan yang ingin dicapai merupakan yang terbaik, paling dikenal dan paling banyak dilakukan oleh seluruh masyarakat di dunia.

Kementerian Kesehatan & Chelsea Islan

Saat ini di Indonesia, Astra menjadi satu-satunya perusahaan nasional yang telah melakukan kampanye tentang SDGs. Astra melakukan kampanye melalui berbagai saluran, yaitu media cetak, eletronik dan digital, selama tujuh hari mulai tanggal 26 September – 2 Oktober 2015, agar banyak orang bisa mengetahui apa yang disuarakan dalam Global Goals. Dalam kampanye ini, Astra bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan seniman muda Chelsea Islan sebagai duta untuk mengampanyekan SDGs di Indonesia.
MDGs sendiri berakhir pada akhir tahun 2015 ini. Program tersebut telah mencapai beberapa pencapaian fenomenal, mengurangi separuh dari persentase masyarakat dunia yang hidup dalam kemiskinan, menurunkan angka kematian dan menurunkan angka masyarakat yang tidak memiliki akses air bersih.
  -->
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: