Kapal Irlandia Selamatkan 329 Pengungsi dari Laut Mediterania


Kapal Angkatan Laut Irlandia pada Sabtu (5/9) menyelamatkan 329 orang dari tiga kapal di Laut Tengah. Foto : PA.
DUBLIN, BL- Kapal Angkatan Laut Irlandia LE Niamh pada Sabtu (5/9) menyelamatkan 329 orang dari tiga kapal di Laut Mediterania.

Militer menyatakan pada Sabtu pagi LE Niamh diberi tugas oleh Pusat Koordinasi Penyelamatan Laut Italia untuk mencari tahu keberadaan tiga kapal yang kemungkinan mengangkut migran sekitar 58 kilometer dari lepas pantai di bagian utara ibu kota Libya, Tripoli.
LE Niamh mengerahkan beberapa perahu-karet motor untuk memindahkan migran ke kapal. Tak lama kemudian beberapa kapal ditemukan, dan kapal Angkatan Laut Irlandia menolong semua orang di kapal tersebut.
Sebanyak 329 orang yang diselamatkan terdiri atas 317 lelaki, 11 perempuan dan satu anak kecil, semuanya diberi air, makanan serta bantuan medis.
Kapal Angkatan Laut Irlandia sekarang telah menyelamatkan sebanyak 3.343 migran sejak memulai operasi di Laut Mediteriania pada Juli.
Kapal LE Niamh, dengan 55 awak dan dua dua petugas medis, melanjutkan kegiatan yang dimulai oleh LE Eithne, kapal pertama Irlandia yang dikerahkan ke Laut Mediterania pertengahan Mei untuk membantu otoritas Italia menjalankan operasi kemanusiaan menyelamatkan migran yang lari dari Afrika Utara.
Kapal baru Angkatan Laut Irlandia rencananya beroperasi sampai September, tergantung atas tuntutan operasi dan keperluan yang muncul, kata militer, seperti dilansir kantor berita Xinhua. (Ant/Xinhua)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: