Penyuludupan Puluhan Tarsius dan Yaki Berhasil Digagalkan

Tarsius Sulawesi. Foto : Siam Divers/Flickr.com.
TAHUNA, BL- Sebanyak 23 tarsius (Tarsius tarsier) dan dua yaki panta merah (Macaca nigra) yang diselundupkan dari Manado ke Filipina digagalkan Kesatuan Penjagaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, akhir pekan.

Satwa-satwa dilindungi itu diselundupkan dengan kapal komersil yang sehari-hari beroperasi di rute laut tersebut. “Informasi pengiriman satwa kami peroleh dari Kantor Karantina Manado. Dikatakan, ada kapal menuju Tahuna yang membawa puluhan satwa dilindungi,” kata Kepala Pos KPPP Tahuna, Aiptu TB Pamasi seperti dilansir ekuatorial.com (Situs sindikasi Beritalingkungan.com).

Informasi terbukti benar, satwa-satwa liar tadi ditemukan dalam penggeledahan kapal. Tersembunyi dalam salah satu toilet. Padahal pada pengecekan di pelabuhan asal, petugas Kantor Karantina Manado tidak menemukan apapun.

“Langsung kita sita, selanjutnya kita serahkan ke Polres Sangihe untuk diproses secara hukum,” ujar Pamasi. Dia mengatakan, belum ditemukan dalang penyelundupan satwa-satwa tersebut, padahal jika dirunut ada pemesan dan tujuan pengiriman.
Secara terpisah, Wakapolres Sangihe Kompol Yusuf Baba mengatakan bahwa satwa-satwa tersebut diserahkan ke Kantor Karantina Tahuna sambil terus diproses kasus hukumnya. (Yoseph Ikanubun/ekuatorial)
 
-->
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: