Acara Tahun Baru 2016 di Jakarta sisahkan sampah 700 ton

Ilustrasi upaya pembersihan sampah sisa acara pergantian tahun baru di Monas. Foto : Tempo/Aditia Noviansyah
JAKARTA,BERITALINGKUNGAN.COM- Acara pergantian tahun baru dari 2015 ke 2016 di wilayah kota DKI Jakarta menyisahkan sampah yang mencapai 700 ton.

Saat ini ratusan ton sampah tersebut telah diangkut ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi.

“Kami angkut hingga 100 truk, atau sama dengan 700 ton sampah,” ujar Ali Maulana, Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta seperti dilansir laman resmi Pemprov DKI Jakarta (1/1/2016), beritajakarta.com.

Ali mengatakan sejak pukul 01.00 dini hari petugas kebersihan sudah mulai memberishkan sampah. Sehingga pada pukul 05.00, Jakarta sudah bersih dari sampah.

“Selesai sekitar pukul 04.00 sampai 05.00. Pukul 01.00 petugas kami sudah mulai membarsihkan,” ucapnya.

Setidaknya ada sebanyak 5.000 petugas kebersihan yang dikerahkan untuk membersihkan sampah malam tahun baru. Petugas dikerahkan dititik-titik kumpul masyarakat, seperti di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Monas, Kota Tua, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ali menambahkan volume sampah yang dihasilkan setiap wilayah hampir sama. Karena memang perayaan pergantian tahun dirayakan oleh seluruh warga DKI. Sampah-sampah tersebut didominasi kertas terompet, kembang api, kemasan dan sisa makanan.

Dinas Kebersihan DKI Jakarta juga mengoptimalkan seluruh truk sampah yang ada termasuk petugas penyapu kebersihan dan juga 30 unit street sweeper. (BJ)
-->
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: