.

.
.

Gerakan Peduli Sampah dilaksanakan serentak di 5 kota

Pemuda Papua gunakan pakaian dari daur ulang sampah berkampanye dampak sampah kepada masyarakat di lingkaran Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (20/2). Foto: Indrayadi TH /Antara.
JAKARTA, BERITALINGKUNGAN.COM- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencanangkan gerakan Peduli Sampah dilaksanakan secara serentak di 5 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

Di Jakarta sendiri dilaksanakan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.  Gerakan tersebut diluncurkan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional 2016 yang jatuh tepat pada Minggu (21/2/2016).

“Hari ini kita mendeklarasikan sebuah deklarasi yang penting buat Indonesia, yaitu Deklarasi Peduli Sampah, dan peringatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran kolektif bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Hal yang paling mendasar adalah kita, seluruh masyarakat Indonesia mampu menggerakkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)” kata Presiden Joko Widodo melalui pidatonya yang disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

Tercatat 800 komunitas peduli sampah di seluruh Indonesia ikut melakukan gotong-royong untuk mendukung gerakan Peduli Sampah ini.

Kolaborasi pemerintah, masyarakat dan dunia usaha ini diharapkan menciptakan sebuah sistem pengelolaan sampah yang lebih baik, sehingga gerakan Indonesia Bersih 2020 dapat terwujud.

“Membuang sampah dan mengurangi penggunaan plastik juga merupakan sebuah revolusi mental, artinya kita memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga bangsa ini tetap bersih. Untuk itu, pemerintah menetapkan harga pembelian atas kantong plastik, dengan harga dasar Rp. 200,- dan uji cobanya akan dilakukan selama enam bulan ke depan”,tutur Siti Nurbaya.

Ia menambahkan, Pemerintah Indonesia mengharapkan setidaknya Indonesia bisa mengurangi 20 persen jumlah sampah plastik pada 2018. Pada kesempatan ini juga telah dibagikan lebih dari 200 tas belanja ramah lingkungan untuk menghindari penggunaan tas belanja yang berbahan dasar plastik. (Wan)
-->
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: