Pengelola Wisata Diminta Perhatikan Potensi Timbunan Sampah Saat Lebaran - Beritalingkungan.com | Situs Berita Lingkungan | The First Environmental Website in Indonesia

Post Top Ad

Pengelola Wisata Diminta Perhatikan Potensi Timbunan Sampah Saat Lebaran

Pengelola Wisata Diminta Perhatikan Potensi Timbunan Sampah Saat Lebaran

Share This

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat, Prima Mayaningtyas. Foto : Jabar Ekspres.

BANDUNG, BERITALINGKUNGAN.COM- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtyas meminta kepada para pengelola dan pemilik pariwisata untuk memerhatikan limbah sampah yang bakal muncul. 

Terutama dari para wisatawan yang kemungkinan akan mengunjungi tempat-tempat wisata ketika libur lebaran nanti. Hal tersebut sudah tercantum dalam Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup Rinci (RKL/RPL Rinci).

“Di dalam izin lingkungan yang diberikan pada setiap kegiatan atau usaha termasuk itu pariwisata itu mereka harus mengelola sampah domestik. Tidak hanya sampah sebetulnya, meliputi air, kemacetan lalu lintas, semua yang ada di izin itu dia wajib melakukan itu. Sehingga si pengelola harus mengelola sampah itu di kawasan tersebut,” ujarnya di Bandung seperti dikutip Beritalingkungan.com dari Jabar Ekspres (6/5).

Di dalam dasar hukum tersebut, nantinya para pengelola dan pemilik tempat pariwisata yang sudah melakukan pengumpulan limbah akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membantu memindahkan limbah tersebut ke bank sampah setempat.

Maka dari itu, dia meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota/Kabupaten siap dalam hal ini.

“Kita harap dari DLH Kota atau Kabupaten untuk mampu membantu dalam hal ini. Tapi memang kelemahannya pasti yaitu sampah-sampah tersebut belum terpisah atau terpilah. Seharusnya memang temen-temen dari Kabupaten/Kota ada semacam pembinaan dengan pihak pemilik wisata untuk melakukan proses pemilahan tersebut,”imbuhnya (JE/BL)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad