Dukung Budi Daya Sorgum di NTT, Yayasan KEHATI Raih Sustainable Investment in Action Award 2021 - Beritalingkungan.com | Situs Berita Lingkungan | The First Environmental Website in Indonesia

Post Top Ad

Dukung Budi Daya Sorgum di NTT, Yayasan KEHATI Raih Sustainable Investment in Action Award 2021

Dukung Budi Daya Sorgum di NTT, Yayasan KEHATI Raih Sustainable Investment in Action Award 2021

Share This


JAKARTA, BERITALINGKUNGAN.COM -- Yayasan KEHATI bersama PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) dinobatkan sebagai pemenang Sustainable Investment in Action (SIA) Award 2021 kategori Basic Needs.

 

Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI Riki Frindos mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan dukungan terkait investasi yang berdampak, dengan harapan menjadi inspirasi dan menciptakan lebih banyak keterlibatan lembaga keuangan dan investasi di Indonesia. 

 

"SIA Awards merupakan kolaborasi berbagai organisasi termasuk PRI (Principle for Responsible Investment), UK SIF, Spain SIF, UN Global Compact France, dan lain-lain," kata Riki Frindos.

 

Menurut Riki, penghargaan diberikan kepada Yayasan KEHATI dan PT BNP Paribas AM setelah menjalani serangkaian seleksi dan penilaian panjang bersama lembaga lainnya. Program yang masuk nominiasi harus memiliki keterlibatan aktif dan dampak yang positif kepada masyarakat. 

 

"Program tersebut juga dapat diadaptasi oleh masyarakat dan dapat diaplikasikan oleh penerima manfaat," terang Riki.

 

Lebih lanjut, Riki menjelaskan, pendanaan program tata kelola budi daya sorgum di NTT dalam 2-3 tahun terakhir dibiayai sepenuhnya dari dana kelolaan reksa dana yang diterima dari berbagai perusahaan manajer investasi, termasusk PT BNP Paribas AM. 

 

Dana sosial tersebut digunakan untuk mendukung pelestarian dan pemanfaatan makanan lokal yang cocok untuk iklim kering di NTT, khususnya di Pulau Flores. Fokus program adalah mengembalikan tanaman lokal (sorgum) yang terabaikan dan kurang dimanfaatkan.

 

Presiden Direktur PT BNP Paribas Asset Management Priyo Santoso mengatakan ikut bangga menjadi mitra Yayasan KEHATI sehingga meraih penghargaan tersebut. "Apalagi Reksa Dana BNP Paribas SRI Kehati merupakan rekam jejak pertama kami dalam menghadirkan reksa dana indeks yang mengusung tema Sustainable Responsible Investment (SRI) sejak tahun 2018," kata Priyo.

 

Sebagai perusahaan manajer investasi, Priyo berjanji akan mendukung Yayasan KEHATI baik melalui edukasi serta solusi reksa dana yang mampu memberikan dampak positif secara berkelanjutan.

 

Berbeda dengan investasi tradisional yang bertujuan menawarkan pengembalian hasil finansial bagi investor, PT BNP Paribas AM berupaya memberikan nilai tambah dengan membuka kesempatan bagi para investor dapat berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungannya. 

 

Sejumlah dana tertentu kemudian diberikan kepada Yayasan KEHATI untuk disalurkan pada program ekosistem pertanian. Dalam pelaksanaannya, KEHATI berkolaborasi dengan lebih dari 150 petani wanita di Pulau Flores dengan cakupan area lebih dari 200 hektar.  (Jekson Simanjuntak)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad