Berita Lingkungan Raih Juara II Kompetisi Artikel Jurnalistik - Beritalingkungan.com | Situs Berita Lingkungan | The First Environmental Website in Indonesia

Post Top Ad

Berita Lingkungan Raih Juara II Kompetisi Artikel Jurnalistik

Berita Lingkungan Raih Juara II Kompetisi Artikel Jurnalistik

Share This


JAKARTA, BERITALINGKUNGAN.COM -- Jurnalis beritalingkungan.com meraih juara kedua pada ajang Kompetisi Artikel Jurnalistik yang digelar Greeneration Foundation dan Danone Indonesia. Lomba tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat tentangnya pengelolaan sampah dan ekonomi sirkular di Indonesia 

 

Marwan Aziz selaku founder beritalingkungan.com  mengapresiasi pencapaian tersebut dan menganggapnya sebagai permulaan yang baik. "Ini ibarat pecut bagi kami untuk semakin terpacu menghadirkan berita bertema lingkungan yang lebih berkualitas kedepannya," katanya.

 

Marwan mengatakan pemberitaan tentang sampah menjadi penting, karena Indonesia menempati urutan ke- 2 di dunia sebagai penghasil sampah terbanyak, dengan estimasi 85.000 ton per hari dan diperkirakan terjadi kenaikan mencapai 150.000 ton per hari pada tahun 2025. 

 

"Padahal pemerintah melalui Perpres No. 97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional menetapkan target pengurangan sampah sebesar 70% dan penanganan sampah sebesar 30% pada 2025," terangnya.

 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai target tersebut, menurut Marwan adalah dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular. "Pada liputan ini, jurnalis kami sengaja mengangkat tema ekonomi sirkular sebagai alternatif dari ekonomi linear (take-make-dispose) dimana limbah dan polusi tidak ada, dan menjaga produk digunakan selama mungkin," katanya.

 

Sementara itu, jurnalis beritalingkungan.com Jekson Simanjuntak menilai penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi karena telah menyebarluaskan informasi terkait pengelolaan sampah dan ekonomi sirkular kepada masyarakat.

 

"Awalnya tidak menyangka, karena bagi saya yang terpenting adalah menghasilkan karya-karya jurnalistik yang bermanfaat bagi publik," katanya.

 

Jekson juga mengatakan, media harus berperan aktif dalam menghubungkan kebijakan pemerintah dengan publik. Ini penting agar masyarakat mengetahui sejauh mana sebuah kebijakan telah dibuat dan seperti apa dampaknya secara luas.

 

"Selama ini kebanyakan berita hanya mencakup isu permukaan dan tidak mengeksplorasi secara mendalam, ini menyebabkan masyarakat tidak memperoleh informasi secara utuh," katanya

 

Kompetisi artikel jurnalistik merupakan bagian dari program pelatihan jurnalis dan mahasiswa dalam pengelolaan sampah dan ekonomi sirkular yang berlangsug sejak 28 Juni hingga 11 Juli 2021. Penjurian kemudian dilakukan pada12 hingga 21 Juli 2021, dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang pada 23 Juli 2021. (Redaksi)


Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad